Senin, 08 Oktober 2012

Sumbangsih Ibnu Taimiyah Terhadap Islam dan Muslimin

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah, pembaru agung itu telah wafat berabad-abad yang lalu di dalam penjara Damaskus, sesudah melakukan jihad panjang di dalam hidupnya. Melalui pena dan lisannya yang tajam berisi, beliau runtuhkan sendi-sendi kesesatan ahli bid’ah dan ahli ahwa’ dari kalangan ahli filsafat, ahli kalam, kaum tarekat Sufiyah, Syi’ah Rafidhah, Nushairiyah, kaum salibis maupun Yahudi serta yang lainnya.
Zaman Syaikhul Islam hidup adalah zaman di mana tersebar berbagai kebid’ahan dan kesesatan, kejahilan, dan taklid buta. Ditambah lagi, negara-negara Islam saat itu dalam bahaya besar yang mengancam, yaitu bangsa Tartar yang mulai menyerang pelbagai wilayah Timur Tengah.
Dalam kondisi seperti inilah Syaikhul Islam senantiasa berdiri tegar menghadang laju musuh-musuh Islam, baik dari kalangan ahli bid’ah maupun orang-orang kafir. Beliau berpindah dari satu majelis ke majelis lainnya, dari satu medan perang ke kancah pertempuran lainnya. Beliau berjuang, memerintahkan kebaikan, mencegah kemungkaran, memberi nasihat, menjelaskan dan membongkar berbagai kesesatan firqah-firqah sesat serta berusaha mengembalikan kaum muslimin kepada ajaran Islam yang murni.
Syaikhul Islam rahimahullahu telah meninggalkan warisan yang tak ternilai harganya. Bahkan ini merupakan salah satu rahmat Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan memelihara peninggalan Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah. Betapa banyak warisan-warisan ilmiah para ulama besar masih tersimpan sebagai manuskrip. Belum dapat dipetik faedahnya oleh kaum muslimin, bahkan sebagiannya hilang atau mungkin tersimpan di perpustakaan-perpustakaan besar di seluruh dunia. Wallahul musta’an.
Beliau adalah pelopor setiap kebangkitan umat Islam di belahan bumi manapun. Umat yang terbimbing menuju jalan yang lurus tentu tidak akan lupa jasa besar beliau dalam menjelaskan rambu-rambu dan simbol-simbol Islam yang hampir pudar di bawah tumpukan bid’ah, hawa nafsu, adat istiadat, taklid, kedustaan, dan berbagai kebatilan. Sungguh, warisan Syaikhul Islam bersambung dengan kehidupan umat ini, dan akan terus demikian.
Dalam Ilmu-ilmu Ushul
Jasa beliau dalam bidang ilmu ushul, baik aqidah maupun manhaj dan ushul fiqihnya sangat besar. Terutama dalam bidang aqidah.
Al-Imam Al-Hafizh ‘Umar bin Al-Bazzar –salah seorang murid beliau– dalam kitabnya Al-A’lamul ‘Aliyah fi Manaqib Ibni Taimiyah menceritakan bagaimana keadaan tokoh-tokoh yang terbelit dengan kebingungan ilmu kalam dan filsafat. Mereka sama sekali tidak mampu merumuskan sebuah kebenaran di dalam hati mereka. Bahkan ilmu kalam dan filsafat yang mereka pelajari itu tidak mengakar pada diri mereka. Mereka melihatnya sebagai lembah kebingungan dan kesesatan.
Hingga Allah Subhanahu wa Ta’ala anugerahkan kesempatan kepada mereka membaca buku-buku Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullahu yang sarat dengan dalil-dalil sam’iyat (Al-Qur’an dan As-Sunnah) dan logika/nalar. Ternyata, buku-buku beliau rahimahullahu membuktikan bahwa akal yang sehat pasti bersesuaian dengan dalil-dalil sam’i tersebut. Akhirnya tersingkaplah kegelapan yang menyelimuti mereka akibat teori-teori ahli kalam dan hilanglah kekhawatiran tersesat dalam diri mereka ketika membahasnya.
Bahkan Al-Imam Al-Bazzar rahimahullahu menegaskan dengan ucapannya: “Siapa yang mau membuktikan benarnya perkataan saya ini, kalau dia mau, hendaklah dia meneliti buku-buku beliau dengan jujur, adil, jauh dari kedengkian dan penyelewengan, baik yang ringkas seperti Syarah ‘Aqidah Ashbahaniyah atau yang lebih luas Dar’ut Ta’arudh Al-‘Aql wan Naql…”
Al-Imam Al-Bazzar pernah menanyakan kepada beliau rahimahullahu mengapa beliau lebih banyak menulis dalam bidang ushul ini, ketika beliau meminta agar Syaikhul Islam mau menulis tentang fiqih. Tetapi Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah memberi jawaban: “Masalah furu’, mudah. Siapa saja yang diikuti seorang muslim dari sekian ulama maka dia boleh mengamalkannya, selama tidak nampak kesalahannya.
Adapun ilmu-ilmu ushul, karena banyaknya ahli bid’ah, orang-orang sesat pengikut hawa nafsu, ahli-ahli filsafat, kaum batiniah, mulhid, orang-orang yang berkeyakinan wihdatul wujud (manunggaling kawula gusti), dan lain-lain, yang ingin meruntuhkan sendi-sendi syariat ini. Bahkan kebanyakan mereka telah menjerumuskan manusia ke dalam keraguan tentang prinsip-prinsip pokok dien mereka. Sebab itulah saya tidak pernah mendengar atau melihat mereka yang berpaling dari Al-Qur’an dan As-Sunnah, menyambut dan menerima pernyataan atau pendapat ahli kalam atau filsafat itu, melainkan akhirnya menjadi zindiq, tidak yakin dengan dien (Islam) dan aqidahnya.”
Termasuk dalam hal ini adalah karya Syaikhul Islam dalam aqidah dan manhaj, yang sarat dengan penetapan kaidah pokok yang menyeluruh sekaligus bantahan terhadap berbagai teori filsafat dan ilmu kalam yang disusupkan ke dalam aqidah Islam.
Dalam banyak tulisannya, Syaikhul Islam selalu menganjurkan untuk merujuk kepada Al-Qur’an dan As-Sunnah sebagai sumber utama syariat Islam. Beliau berkata: “Adapun berita dari Allah Subhanahu wa Ta’ala dan Rasul-Nya Shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah berita yang haq (pasti dan benar)… Tidak mungkin berita dari Allah Subhanahu wa Ta’ala dan Rasul-Nya Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengandung kebatilan…”
Beliau juga mengatakan: “Tidak satupun mereka menyempal dengan satu pendapat ganjil dari mayoritas muslimin, melainkan di dalam Kitab Allah dan As-Sunnah ada dalil yang menerangkan kerusakannya (kesesatannya). Adapun pendapat yang diterangkan oleh Al-Qur’an dan As-Sunnah, tidaklah dikatakan syadz (ganjil), meskipun yang menyuarakannya lebih sedikit dibandingkan yang mengatakan pendapat yang salah… Sehingga jumlah banyak atau sedikitnya yang mengucapkan, tidaklah dianggap….”
Beliau menegaskan pula wajibnya mengedepankan syariat daripada akal ketika dianggap ada pertentangan di antara keduanya. Sebab sejatinya, akal yang sehat, tidak akan mungkin bertentangan dengan dalil-dalil naqli (Al-Qur’an dan As-Sunnah) yang jelas dan gamblang.
Karya-karya beliau dalam bidang ini antara lain:
- Al-Aqidah Al-Wasithiyah, yang ditulis beliau atas permintaan seorang qadhi Wasith. Kitab ini ditulis setelah selesai shalat ‘ashar. Di dalamnya beliau jelaskan prinsip-prinsip aqidah Ahlus Sunnah wal Jamaah, baik terkait tentang nama-nama dan sifat-sifat Allah Subhanahu wa Ta’ala atau rukun iman lainnya. Lawan-lawan beliau menghadirkan Shafiyuddin Al-Hindi, syaikh para syaikh yang ada untuk berdebat dengan Syaikhul Islam rahimahullahu.
1- Al-Hamawiyah, juga beliau tulis dalam waktu yang sangat singkat, antara shalat zhuhur dan ‘ashar. Bahkan sebagian tokoh Syafi’iyah, Imamuddin Al-Quzwaini meminta beliau membacakan kepadanya dan menjelaskan beberapa hal yang masih musykil. Setelah mendapat keterangan yang memuaskan, qadhi memutuskan bahwa semua yang mencela Syaikh (Ibnu Taimiyah) diberi peringatan.
2- Dar’ut Ta’aradh ‘Aqli wan Naqli, salah satu kitab utama Syaikhul Islam yang membantah pemikiran kaum Asya’irah (Asy’ariyah, red.) yang mengharuskan didahulukannya akal daripada wahyu jika bertentangan.
Dalam Bidang Tafsir
Ibnu ‘Abdil Hadi rahimahullahu, salah seorang murid Syaikhul Islam mengatakan: “Adapun tafsir, maka diserahkan kepada beliau. Beliau sangat cepat dan kuat dalam menghadirkan sejumlah ayat Al-Qur’an ketika menerangkan satu masalah. Bahkan beliau mengumpulkan pendapat ahli tafsir dari kalangan salaf yang menyebutkan sanad dalam kitab-kitab mereka lebih dari 30 jilid. Sebagian dituliskan oleh para sahabatnya dan banyak pula yang belum mereka tulis.”
Adapun 30 jilid itu, belum tersusun berdasarkan mushaf yang mulia di tangan kita secara teratur. Lepas dari itu, beliau rahimahullahu, telah memberikan satu sumbangan besar yang berharga bagi kaidah-kaidah tafsir yang diteruskan oleh para ulama sesudah beliau. Kitab beliau Muqaddimah Ushul Tafsir terhitung kitab paling penting dalam bidang ini. Bahkan sejatinya, kitab ini merupakan bukti nyata metode (manhaj) yang ditempuhnya dalam menafsirkan ayat-ayat Al-Qur’anul Karim.
Dalam kitab tersebut, beliau telah membuka pintu selebar-lebarnya untuk memahami maksud Al-Qur’an. Beliau letakkan kaidah dan timbangan serta metode tarjih terhadap beberapa pendapat. Tetapi Syaikhul Islam tidak bertaklid kepada salah seorangpun dari ahli tafsir sebelum beliau ataupun ahli ilmu-ilmu Al-Qur’an lainnya.
Beliau menegaskan bahwasanya Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah menerangkan kepada para sahabatnya makna-makna Al-Qur’an sebagaimana beliau menjelaskan lafadz-lafadznya kepada mereka g. Sehingga, firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:
وَأَنْزَلْنَا إِلَيْكَ الذِّكْرَ لِتُبَيِّنَ لِلنَّاسِ مَا نُزِّلَ إِلَيْهِمْ وَلَعَلَّهُمْ يَتَفَكَّرُونَ
“Dan Kami turunkan kepadamu Al-Qur`an, agar kamu menerangkan kepada umat manusia apa yang telah diturunkan kepada mereka dan supaya mereka memikirkan.” (An-Nahl: 44)
meliputi penjelasan tentang lafadz dan makna.
Bahkan firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:
أَفَلَا يَتَدَبَّرُونَ الْقُرْءَانَ
“Maka apakah mereka tidak memerhatikan Al-Qur’an?” (Muhammad: 24)
dan ayat yang semakna, menjelaskan bahwasanya tidak mungkin mentadabbur Al-Qur’an tanpa memahami maknanya.
Sebab itulah perselisihan pendapat di kalangan sahabat dalam masalah tafsir sangat sedikit. Meskipun hal ini lebih banyak terjadi di antara para tabi’in daripada sahabat, tetapi jauh lebih sedikit dibandingkan dengan orang-orang yang sesudah mereka.
Dalam Bidang Fiqih dan Ushulnya
Sebagaimana telah diuraikan dalam pembahasan sebelumnya, Ibnu Az-Zamlakani mengatakan: “Ahli fiqih dari berbagai mazhab, jika diskusi bersama beliau, niscaya mereka memetik faedah dari beliau hal-hal yang sebelumnya tidak pernah mereka kenal.”
Terlebih lagi, beliau rahimahullahu telah mencapai tingkat mujtahid. Beberapa fatwa beliau menimbulkan pro dan kontra, sampai pemerintah waktu itu diminta menangkap dan memaksa beliau untuk tidak mengeluarkan fatwanya yang bertentangan dengan mazhab yang ada ketika itu.
Di antara fatwa paling masyhur diperselisihkan adalah masalah thalaq (talak/cerai); thalaq tiga sekaligus menurut beliau tetap jatuhnya satu. Kemudian dalam masalah ziarah kubur. Insya Allah diulas ringkas dalam Tuduhan dan Kedustaan Terhadap Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah.
Lain-lain
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullahu bukan hanya seorang ilmuwan mujtahid dalam ilmu-ilmu syariah dan cabang-cabangnya. Atau kritikus tajam terhadap lawan debatnya yang menyelisihinya di bidang aqidah. Bukan pula semata pakar hadits yang hanya piawai di bidang ilmu-ilmu hadits dan rawi-rawinya. Bukan pula hanya seorang pemikir besar hingga mampu menumbangkan tokoh-tokoh besar ahli filsafat dan mantiq serta menjelaskan kesalahan-kesalahan dan ketergelinciran mereka dalam ilmu yang mereka susupkan ke dalam syariat yang mulia ini. Bukan hanya itu.
Tetapi, Ibnu Taimiyah adalah juga ahli perang dan ahli siasat syar’i yang ulung. Karya-karya beliau tentang politik Islam dan kepemerintahan membuktikan hal itu. Sebut saja beberapa kitab beliau tentang masalah ini, seperti Al-Hisbah fil Islam, As-Siyasah Asy-Syar’iyah, atau Wazhifatul Hukumah Al-Islamiyah, dan sejumlah fatwa lainnya. Sampai-sampai seorang orientalis Perancis, Henry Louis mengumpulkan pandangan-pandangan Syaikhul Islam tentang sosial politik bahkan menjadikannya sebagai topik salah satu pembahasan tesis doktoralnya di Paris.
Tak kalah pentingnya, bahkan dapat dikatakan sebagai salah satu penentu masa depan Islam dan kaum muslimin, sesudah rahmat Allah Subhanahu wa Ta’ala tentunya, adalah andil beliau dalam membangkitkan semangat para penguasa dan kaum muslimin menghadapi bangsa Tartar.
Dapat diringkas peran beliau dalam menghadapi bangsa Tartar sebagai berikut:
1. Tanggal 17 Syawwal 697 H, beliau membangkitkan semangat kaum muslimin dan penguasa mereka untuk berjihad. Beliau jelaskan pahala yang diterima para mujahid.
2. Tahun 699 H –ketika Qazan mendekati Syam–, beliau menemui Qazan bersama beberapa tokoh negeri itu, meminta jaminan keamanan bagi negeri itu. Syaikhul Islam berbicara dengan kalimat-kalimat yang tajam dan pedas, hingga orang-orang yang ikut menyertai, merasa yakin beliau akan dibunuh. Namun Allah Subhanahu wa Ta’ala menyelamatkan beliau dan kaum muslimin.
3. Ketika Tartar menguasai Damaskus, mereka ingin menguasai pula benteng penduduk Damaskus. Syaikhul Islam datang kepada penguasa benteng yang ingin menyerahkan benteng itu kepada Tartar. Beliau berkata: “Seandainya tidak ada yang tersisa selain satu batu bata di benteng ini, tetap jangan anda serahkan kepada mereka, kalau anda mampu.” Akhirnya benteng itupun selamat dari cengkraman Tartar.
4. Ibnu Taimiyah kembali menemui raja Tartar tanggal 20 Rabi’ul Akhir (699 H), namun tidak jadi bertemu. Beliau lalu menemui Bulai (seorang jenderal Tartar) dan membicarakan tawanan muslimin yang ada di tangannya. Akhirnya dibebaskanlah sebagian besar tawanan itu, dan beliau tinggal bersama mereka selama tiga hari.
5. Setelah Tartar meninggalkan Syam, negara dalam keadaan mencekam. Rakyat diliputi ketakutan luar biasa, kapan Tartar akan menyerang lagi? Merekapun berkumpul menjaga benteng kota untuk mempertahankan negara. Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah setiap malam berkeliling menghasung dan memberi semangat untuk tetap sabar dan terus berperang. Beliau bacakan kepada mereka ayat-ayat jihad dan ribath (berjaga di perbatasan wilayah muslimin).
6. Tahun 700 H, tersebar desas-desus Tartar akan menyerang Syam sekali lagi. Rakyat resah luar biasa. Ibnu Katsir menceritakan: “Di awal Shafar, datang berita bahwa Tartar menuju Syam siap untuk memasuki Mesir. Rakyat tersentak, bertambah-tambah kelemahan mereka, bahkan serasa hilang kesadaran mereka. Akhirnya mereka segera berusaha melarikan diri menuju Mesir atau benteng-benteng yang kokoh. Harga unta naik menjadi seribu dirham dan keledai menjadi limaratus dirham. Sedangkan perabotan dan pakaian serta barang-barang lainnya terpaksa dijual murah. Syaikhul Islam tetap di majelisnya di masjid Jami’ menghasung kaum muslimin untuk berperang. Beliau uraikan ayat dan hadits tentang jihad. Beliau melarang agar jangan buru-buru melarikan diri. Bahkan beliau menyatakan wajib memerangi bangsa Tartar. Akhirnya, diumumkan kepada seluruh rakyat untuk tidak keluar kota kecuali dengan surat jalan resmi. Rakyatpun berhenti mengungsi (melarikan diri).
Rakyat semakin kalut ketika Sultan kembali ke Mesir. Merekapun keluar meninggalkan Syam. Syaikhul Islam datang ke wakil penguasa di Syam dan memberi semangat serta mendorong mereka mengundang Sultan datang ke Damaskus. Wakil itupun datang menemui Sultan, tetapi tidak mendapatinya di Mesir, ternyata Sultan sudah masuk ke Kairo. Pasukanpun tercerai berai. Ibnu Taimiyah menemui Sultan dan membujuknya menyiapkan pasukan menuju Syam. Kata beliau ketika itu: “Jika anda tidak mau kembali ke Syam dan melindunginya, kami akan angkat seorang penguasa yang mengatur dan melindunginya serta memerhatikannya di waktu aman.”
Beliau terus mendorong hingga terkumpullah pasukan besar siap menuju Syam. Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah tetap di Mesir selama delapan hari menghasung mereka berjihad. Akhirnya, mereka menerima seruan beliau, dan beliaupun kembali ke Syam. Kemudian, datanglah berita ke wilayah Syam bahwa Tartar sudah kembali, tidak jadi menyerang Syam. Rakyatpun kembali merasa aman.
7. Dalam pertempuran di Syaqhab, tahun 702 H, di mana Tartar mengalami kekalahan, peran Syaikhul Islam juga sangat besar. Beliau memberikan kabar gembira akan kemenangan mereka, bahkan bersumpah: “Demi Allah, Yang tidak ada sesembahan yang haq kecuali Dia, bahwasanya kamu akan ditolong mengalahkan mereka, pada kesempatan ini.” Seorang pembesar menegur: “Katakanlah: ‘Insya Allah’.” Beliau menukas: “Insya Allah sebagai penegas, bukan menggantungkan.”
Beberapa pembesar seperti panglima Husamuddin Lajin Ar-Rumi, Shalahuddin bin Al-Malik As-Sa’id Al-Kamil, dan beberapa orang terkemuka lainnya, gugur dalam peperangan itu. Menjelang ashar kaum muslimin dengan pertolongan Allah Subhanahu wa Ta’ala berhasil mengalahkan pasukan Tartar.
Malam harinya, pasukan Tartar dikepung oleh kaum muslimin ketika mereka berlindung di bukit-bukit. Kaum muslimin menyerang mereka bertubi-tubi dari segala penjuru hingga menjelang fajar. Akhirnya banyak di antara mereka yang terbunuh, bahkan yang tertangkap di antara mereka dihukum mati. Sebagian kecil ada yang selamat tetapi mereka binasa di lembah-lembah dan tempat lainnya, atau tenggelam di sungai Eufrat karena gelapnya malam.
Peranan beliau ini, termasuk penentu sejarah peradaban manusia di masa mendatang. Terusirnya bangsa Tartar dari Timur Tengah, membuat mereka berpikir keras untuk menyerbu kembali. Dengan selamatnya wilayah Timur Tengah ini, maka semenanjung Eropa dan sekitarnya terselamatkan pula dari jarahan mereka. Wallahu a’lam.
Tidak banyak sumber yang menerangkan andil besar beliau dalam jihad menghadapi kaum salibis sebelum mereka diusir dari negeri Syam terakhir kalinya. Hanya saja, Al-Bazzar menceritakan, ketika memaparkan keteguhan dan keberanian Syaikhul Islam: “Mereka ceritakan bahwa mereka melihat Ibnu Taimiyah ketika membebaskan ‘Akkah memperlihatkan keberanian yang luar biasa. Tak mungkin diterangkan dengan kata-kata. Kata mereka: ‘Sungguh, salah satu sebab kaum muslimin menguasai kembali kota ini adalah karena tindakan, tepatnya arahan dan pandangan beliau’.”
Padahal usia beliau ketika itu baru sekitar 30 tahun. Wallahu a’lam.
1 Beberapa tokoh seperti As-Subki tidak merasa kagum dengan terbungkamnya Shafiyuddin Al-Hindi. Bahkan mereka berusaha menutup-nutupi kenyataan ini. Akan tetapi, Al-Hafizh Ibnu Hajar dengan tegas menerangkan bahwa tidak ada yang tetap berdebat dengan Ibnu Taimiyah sampai selesai melainkan Ibnul Wakil. Wallahu a’lam.
http://asysyariah.com/syariah.php?menu=detil&id_online=742

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management